Sejarah
Diposting tanggal: 23 April 2013

Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Politani Neg. Pangkep) terletak di Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Kampus Politani Pangkep berjarak sekitar 83 km dari Kota Makassar yang merupakan Ibukota Propinsi Sulawesi Selatan. Sebelah timur dari lokasi kampus terdapat pegunungan dan daerah pemukiman penduduk sedangkan di sebelah barat berbatasan langsung dengan Selat Makassar. Selain lokasinya yang bernuansa pegunungan dan pantai, lokasi kampus juga berbatasan dengan Kabupaten Barru, yang telah ditetapkan pemerintah sebagai pusat pengembangan udang nasional.

Politani Neg. Pangkep merupakan institusi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi jenjang D-III dan D-IV di Sulawesi Selatan yang menghasilkan tenaga ahli madya dan tenaga ahli dalam bidang perikanan dan pertanian.

Politani Neg. Pangkep didirikan sejak tahun 1984. Pada awal pendiriannya, Politani masih merupakan bagian dari Universitas Hasanuddin (UNHAS). Namun berdasarkan SK Mendikbud Tahun 1997, Politani resmi mandiri dengan nama Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan, dan saat ini mengelola 6 Jurusan/Program Studi.

Dirintis sejak tahun 1984 bersama dengan 5 (lima) Politeknik lainnya di seluruh Indonesia. Politani Neg. Pangkep, awal pendiriannya masih merupakan bagian dari Universitas Hasanuddin berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas Nomor : 0124/U/1987, dengan nama Politeknik Pertanian Negeri UNHAS, dan terdiri atas dua Jurusan/Program Studi, yaitu Jurusan Budidaya Perikanan dan Jurusan Penangkapan Ikan. Pada tahun 1997, suatu tonggak sejarah baru dalam perjalanan Politeknik Pertanian Negeri UNHAS dicapai dengan adanya Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 083/O/1997 yang menetapkan kemandirian Politeknik Pertanian Negeri UNHAS untuk tidak lagi berada di bawah naungan universitas, tetapi berdiri sendiri sebagai sebuah institusi setingkat perguruan tinggi. Pada tanggal 26 Juni 1998, Politeknik Pertanian Negeri UNHAS secara resmi berdiri sendiri dan berganti nama menjadi Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan.

 

Direktur Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan:

  1. Dr. Ir. Mas’ud Sikong, M.Sc. (1989-1994)
  2. Prof. Dr. Ir. Achmar Mallawa, DEA. (1994-1998)
  3. Ir. Zainal Abidin Musa, M.Si. (1998-2002 dan 2002-2006)
  4. Dr. Ir. Jayadi, MP. (2006-2010)
  5. Prof. Dr. Mursalim, M.Sc. (2010-2012)
  6. Ir. Andi Asdar Jaya, M.Si. (2012-2016)

Sistem Pendidikan

Penyelenggaraan pendidikan Politani Neg. Pangkep dilaksanakan dengan sistem paket atau setara 110 - 120 SKS untuk program D-III yang berlangsung selama enam semester dengan bobot materi perkuliahan (40%) dan praktikum (60%), sedangkan program D-IV berlangsung 144-160 SKS. Praktikum meliputi kegiatan laboratorium, kerja lapang, dan karya wisata. Menjelang akhir masa perkuliahan, mahasiswa melaksanakan Pengalaman Kerja Praktek Mahasiswa (PKPM) pada perusahaan/industri yang terkait dengan bidang ilmu yang ditekuni.

Politani Neg. Pangkep menawarkan 6 (enam) pilihan jurusan/program studi yaitu:

  1. D-III Jurusan Budidaya Perikanan
  2. D-III Jurusan Penangkapan Ikan (Konsentrasi ANKAPIN-I)
  3. D-III Jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan
  4. D-III Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan
  5. D-III Jurusan Agribisnis Perikanan
  6. D-IV Program Studi Agroindustri

Penyelenggaraan Pendidikan Politani Neg. Pangkep ditunjang oleh staf pengajar berkualifikasi S1,S2 dan S3 dan umumnya telah mendapatkan pendidikan khusus tentang kepoliteknikan dan pelatihan pada bidang keilmuan baik di dalam maupun luar negeri. Sampai tahun 2009 tercatat staf pengajar 161 orang.