LUTJANUS Inkubator Bisnis
Diposting tanggal: 13 Desember 2017

Latar Belakang

Perguruan Tinggi selain dituntut untuk meningkatkan kualitas, di sisi lain juga dituntut mampu  produktif, sehingga salah satu solusi mengatasi tuntutan yang dihadapi diantaranya PT harus mampu memiliki kemampuan entrepreneurship, yang salah satunya melalui Inkubator Bisnis. Perguruan Tinggi pada dasarnya telah mememiliki prasarana bagi peserta didik di masing-masing jurusan/program studi yang memadai, sehingga dengan segala potensi yang dimilikinya diharapkan mampu memfasilitasi segala potensi yang ada sebagai unit bisnis baik untuk kepentingan akademis maupun non akademis.

Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (Politani Pangkep) yang terletak di jalan poros Makassar-Pare Pare, lebih tepatnya di perbatasan Kab. Pangkep dan Kab. Barru Sulawesi Selatan, adalah PT yang berbasis pendidikan vokasi. Politani Pangkep terdiri dari 5 (lima) jurusan dan 11 (sebelas) program studi yang masing-masing memiliki potensi yang dapat dikembangkan menjadi berbagai unit bisnis, baik di sektor akademis maupun non akademis.

Inkubator Bisnis di Politani Pangkep baru terbentuk di Bulan Januari Tahun 2017, dengan fasilitas pendukung awal adalah bangunan permanen sebagai kantor, sekaligus tempat pengolahan roti dan outlet untuk kalangan sivitas akademika, dan terletak di jalan poros  Makassar – Pare Pare, yaitu terletak di depan Kampus Politani Pangkep dan merupakan jalur lalu lintas antar kota dalam Propinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Aktifitas Lutjanus Inkubator Bisnis selama ini secara umum masih terkait aktifitas pembinaan kewirausahaan pada beberapa kelompok binaan, dukungan pemasaran berupa memfasilitasi kelompok binaan mengikuti pameran dan beragam aktifitas lain, utamanya terkait kewajiban sebagai dosen yang juga melakukan aktifitas pengabdian pada masyarakat.  Namun demikian dengan adanya program pada Ristekdikti yang memberikan support dalam pengembangan kelompok-kelompok usaha kecil, maka lembaga kami “Lutjanus Inkubator Bisnis” siap mendukung dan bekerjasama dalam membangun dan mengembangkan kegiatan terkait kewirausahaan baik di dalam kampus maupun di luar kampus. 

 

Visi dan Misi

Visi : “Belajar, Berinovasi, Berbisnis

Misi :

  1. Menjadi katalisator bagi pengembangan pelaku usaha pemula, pelaku usaha lanjutan ke dalam dan ke luar institusi,
  2. Meningkatkan kemampuan berinovasi dalam berbisnis,
  3. Menjadi jembatan penghubung antara perguruan tinggi dan pelaku usaha,
  4. Mendorong terbentuknya karakter bisnis yang bertanggungjawab, terampil, mandiri dan bermoral.