Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK)
Diposting tanggal: 23 April 2013

PTIK adalah pusat pelayanan sistem informasi dan komputer pada institusi Politeknik Pertanian Negeri Pangkep. Unit ini sebelumnya dikenal dengan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Sistem Informasi dan Komputer, dan pada tahun 2013 diubah dengan nama PTIK. Unit ini dipimpin oleh seorang kepala yang bertanggung jawab langsung kepada Direktur. Pembinaan sehari-hari dilakukan oleh Pembantu Direktur (Pudir) I Bidang Akademik dengan dasar operasionalnya adalah Surat Keputusan Direktur.

PTIK dibentuk untuk mengelola seluruh sistem informasi yang ada di kampus, database institusi, pengelolaan website, jaringan komputer dan berbagai sumber daya lainnya yang berhubungan dengan pengembangan teknologi sistem informasi. Selain itu, PTIK ini terus mengantisipasi tuntutan kemajuan teknologi informasi dengan mengembangkan jaringan internet dan intranet yang telah terhubung ke seluruh unit serta terus mengembangkan sistem informasi administrasi baik di bidang akademik, keuangan, sarana-prasarana maupun kepegawaian. Di bidang akademik saat ini telah dikembangkan sistem informasi dengan basis web secara online, melalui pangkalan data perguruan tinggi (PDPT) dan ICT Cyber Campus. Selain itu, PTIK telah mendukung sistem pembelajaran online berbasis teleconfrence. PTIK terus berupaya mengembangkan jaringan teknologi informasi yang handal untuk menuju terwujudnya smart campus yang mampu menyelenggarakan manajemen pengelolaan perguruan tinggi secara tepat, cepat dan akurat berorientasi pada kepuasan layanan.

Layanan PTIK terdiri atas beberapa bidang antara laian :

  1. Maintenance Komputer dan Jaringan Informasi
  2. Network Adminstrator
  3. Bidang Pelayanan WEB
  4. Bidang Pelayanan Pendidikan (Laboratorium Komputer dan Multimedia)
  5. TIM Software Developer

VISI dan MISI

Visi

"Menjadi pusat pengembangan, pelatihan, dan penyebarluasan teknologi informasi di bidang komputer untuk mendukung tercapainya tujuan tri dharma perguruan tinggi"

Misi

  1. Membantu dan mengembangkan pemanfaatan komputer untuk mendukung kegiatan administrasi institusi yang transparan dan akuntabel.
  2. Mewujudkan pembelajaran berbasis web (e-learning) untuk sivitas akademika.
  3. Mengoptimalkan layanan, dan memasyarakatkan aplikasi software, hardware kepada sivitas akademika, unsur penunjang dan masyarakat luas.
  4. Menyiapkan user menjadi tenaga yang terampil menggunakan komputer sebagai alat bantu pemecahan masalah