Jumat, 13 Januari 2017 - 13:49:46 WIB
Rutinitas Olahraga Bersama Di PPNP
Diposting oleh : Sri Wahyuni, A.Md.
Kategori: SEPUTAR KAMPUS - Dibaca: 7550 kali

Setiap hari jum’at, pkl.07.30 WIB, pegawai PPNP mengadakan senam  bersama dihalaman kantor pusat. Direktur berharap dengan olah raga setiap hari jum’at bersama dengan unsur pimpinan akan terjalin komunikasi yang baik. Keakraban diantara pegawai dan pimpinan semakin baik.

Direktur berharap, olah raga setiap jum’at dapat dilaksanakan secara kontinyu. Olah raga secara teratur dengan sendirinya akan menyegarkan tubuh dan pikiran.

Selama ini kebanyakan orang hanya tahu bahwa olahraga bermanfaat untuk kebugaran dan kesehatan tubuh, membentuk otot dan melangsingkan. Tapi mungkin belum banyak yang paham kalau manfaat olahraga tidak hanya itu. Aktivitas fisik ternyata juga bisa meningkatkan performa kerja. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan didapatkan di kantor jika rajin olahraga, disadur dari artikel pada laman https://wolipop.detik.com/read/2015/01/28/151513/2816617/849/7-manfaat-olahraga-untuk-bantu-jadi-karyawan-teladan-di-kantor

1. Selalu Siaga

Aktivitas fisik seperti fitnes dan olahraga akan melancarkan peredaran darah ke otak, membantu Anda untuk selalu siap, siaga dan fokus ketika bekerja. Dalam jangka panjang, olahraga secara rutin akan menajamkan kemampuan otak dan mencegah penurunan fungsi kognitif. Fungsi kognitif merupakan kemampuan otak untuk menerima, mengolah, menyimpan dan mengingat kembali semua masukan sensorik secara baik seperti memori, bahasa, atensi dan motorik.

2. Meningkatkan Energi

Setelah berolahraga tubuh memang akan menjadi lelah dan itu dianggap sebagai tanda Anda kehabisan energi. Namun yang terjadi sebenarnya justru bertolak belakang dengan anggapan banyak orang. Olahraga bisa meningkatkan level energi sehingga Anda tak mudah lelah. Dengan begitu, Anda bisa menyelesaikan tugas tepat waktu tanpa jadi terlalu lelah atau mengantuk. 

3. Lebih Disiplin

Olahraga juga membantu dalam manajemen waktu. Kemampuan mengatur waktu dan menetapkan skala prioritas tidak datang dengan sendirinya, juga bukan karena bakat bawaan atau pelatihan. Tapi juga dipengaruhi oleh aktivitas fisik. Ketika rajin berolahraga, tubuh akan memproduksi endorphin secara konstan. Hormon ini berperan dalam meningkatkan fungsi otak dalam mengatur waktu dan menentukan prioritas dalam bekerja.

4. Mood Selalu Positif

Saat beraktivitas fisik, tubuh akan melepaskan hormon endorphin dan serotonin pada otak yang akan meningkatkan mood positif serta mencegah depresi. Alhasil, Anda jadi terbantu untuk lebih siap menghadapi tekanan kerja dan tidak mudah kesal, marah atau stres ketika menghadapi masalah kantor.

5. Meningkatkan Kreativitas

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Psychology menemukan bahwa tubuh yang aktif akan membantu tingkatkan kreativitas. Bahkan cukup dengan jalan sehat selama 30 menit setiap hari akan menunjukkan hasil yang cukup signifikan. Berpikir kreatif penting dalam dunia kerja untuk membantu kantor mengembangkan ide-ide dan inovasi dalam memajukan perusahaan.

6. Menguatkan Otak

Latihan fisik akan meningkatkan kekuatan dan ingatan pada otak, sekaligus bermanfaat bagi kesehatan mental. Memiliki fisik dan otak yang produktif, akan menghasilkan karyawan dengan hasil kerja yang juga produktif.

7. Mengurangi Kecemasan

Bagi orang yang mudah gelisah, cemas atau demam panggung ketika harus presentasi di depan banyak orang, bisa diatasi dengan fitnes. Sebuah studi menunjukkan bahwa latihan yoga selama 20 menit sebelum presentasi atau berdiri di hadapan orang banyak akan membuat perasaan dan emosi jadi lebih tenang secara signifikan.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)