Kamis, 08 Desember 2016 - 10:12:19 WIB
Menuju Status "MANDIRI", PDD Sidrap Adakan Workshop
Diposting oleh : Sri Wahyuni, A.Md.
Kategori: KERJASAMA - Dibaca: 133 kali

Bertempat Hotel Ramayana Makassar, selama dua hari, 5-6 Desember 2016, diselenggarakan workshop Penyusunan Peraturan Akademik dan Kelayakan Kemandirian Pendidikan Diluar Domisili (PDD) Rintisan Akademi Komunitas Negeri Sidrap, Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (PPNP) .  Workshop ini bertujuan untuk menghasilkan naskah kemandirian dan naskah akademik sebagai salah satu syarat kemandirian PDD Sidrap. Ketua panitia, Amriani Hambali, S.Pd, M. Pd menyampaikan bahwa peserta yang terlibat dalam workshop ini berasal dari sivitas PPNP serta staf lokal dari PDD Sidrap sendiri. Para peserta merupakan perwakilan pihak PEMDA Sidrap, para ketua program studi, sekertaris program studi, para ketua jurusan, para pembantu direktur serta beberapa kepala unit PPNP yang diharapkan mampu berperan maksimal dalam mencapai tujuan workshop ini.

                Adnan Baiduri, S.Pi. M.Si, pembantu Direktur IV, mewakili Direktur PPNP yang berhalangan hadir membuka workshop ini. Adnan Baiduri menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta yang bersedia mencurahkan segenap sumbang pikiran dan waktu para peserta demi mewujudkan kemandiriain PDD Sidrap. Sambutan lainnya, disampaikan oleh perwakilan PEMDA Sidrap, Muh. Haris Alimin, S.Pi, M.Si, dalam sambutannya, ia kembali menegaskan komitmen dan konsistensi PEMDA untuk melengkapi segala syarat kemandirian PDD Sidrap, lebih lanjut ia menyampaikan meskipun tidak dapat dilaksanakan dengan instan, contohnya finalisasi sertfifikat lahan kampus nantinya, namun pihak PEMDA Sidrap terus berkomunikasi dan berkordinasi dengan pihak terkait agar semua dapat terpenuhi sesuai rekomendasi hasil monitoring pihak DIKTI yang dilaksanakan baru-baru ini dan selesai tepat pada waktunya.

                Hadir sebagai narasumber dalam workshop ini, Mohamad Zenurianto. Dipl.Ing.HTL.M.Sc, salah satu reviewer akademi komunitas, DIKTI. Materi yang dibawakan yaitu tentang penyusunan kelayakan kemandirian, dan pada sesi kedua, tentang naskah akademik. Terlihat para peserta antusias dan bersemangat dalam mengikuti pemaparan narasumber. Hari kedua, paparan tentang peraturan akademik dibawakan oleh narasumber Adam Rahman, S.Pi, M.Si, pembantu direktur bidang akademik, materi terbilang sangat menarik bagi para peserta. Diskusi dengan topic aktual sehari-hari banyak diangkat oleh para peserta dalam sesi tanya jawab. Setelah sesi ini, para tim perumus mulai berbagi tugas dalam penyelesaian dua naskah yang ingin dihasilkan. Beberapa Akademi komunitas yang telah mandiri seperti AK Pacitan dan AK Sumenep, hal ini membuat para pengelola Pembina dalam hal ini PPNP, maupun pengelola PDD Sidrap yang berasal dari PEMDA sangat terpacu untuk berada pada status yang sama dengan kedua Akademi Komunitas tersebut. /al/

Kontributor Berita: Alin Bangngaran

Foto : Sulaiman