Senin, 28 November 2016 - 07:41:35 WIB
Pelayaran Perdana Kapal Latih PPNP
Diposting oleh : Sri Wahyuni, A.Md.
Kategori: SEPUTAR KAMPUS - Dibaca: 114 kali

Selama empat hari mahasiswa berlayar dengan mengunakan dua kapal sejak tgl 19 s/d 22 November 2016. Ketua Jurusan Teknologi Penangkapan Ikan,  Salman, S.Pi M.Si, berharap dengan terpakainya kapal ini akan memperlancar praktek mahasiswa. Pelayaran perdana ini diikuti oleh mahasiswa angkatan 27 dan 28 berjumlah 40 orang, dosen 5 orang, salah satu diantaranya Ir.Sultan Alam,M.Si. dengan modul penentuan haluan dan jarak dalam suatu pelayaran Salman,S.Pi M.Si, modul melakukan pelayaran haluan seorang dengan pengaruh arus dan tanpa arus.

Mahasiswa antusias melakukan praktek membawa kapal langsung secara berkelompok dan melihat arah kapal dengan memperhatikan GPS yang ada di ruang kemudi dan memperhatikan peta tempat berlayar disekitar pulau Pute Anging Kab. Barru. Kapal mulai bergerak dari pelabuhan pada pukul 8.00WITA dan kembali pukul 13.00 WITA.

 

Dari wawancara kami dengan mahasiswa, Fajar Ramadani Jurusan TPI angkatan 28 mengatakan menjadi kapten kapal ternyata tidak gampang perlu pelatihan khusus. Kami bersyukur mahasiswa Politeknik Pertanian Negeri Pangkep dapat langsung merasakan membawa kapal langsung tanpa mengeluarkan biaya. Ini merupakan pengalaman yang tidak akan pernah kami lupakan setelah selesai, dibawah bimbingan dosen dan kapten kapal yang memberikan arahan dan cara memengang kemudi kapal latih PPNP. (ah)