Rabu, 23 Desember 2015 - 11:46:35 WIB
Real Action untuk Merintis Akademi Komunitas Banggai Kepulauan
Diposting oleh : Amriani Hambali
Kategori: KERJASAMA - Dibaca: 12570 kali

(HUMAS PPNP) Sebagai langkah awal setelah memperoleh mandat lagi sebagai pengelola dan Pembina Akademi Komunitas Banggai Kepulauan (AK Bangkep), Politeknik Pertanian Negeri Pangkep menyelenggarakan workshop Penyusunan Kurikulum prodi Diluar Domisili Rintisan Akademi Komunitas Bangkep selama dua hari, 5-6 Desember bertempat di Hotel M-Regency, Makassar. Peserta workshop ini adalah seluruh staf pengajar jurusan Budidaya Perikanan dan staf pengajar jurusan TPHP, jajaran pemda Banggai Kepulauan serta staf pengajar dan pengelola AK dari Banggai Kepulauan. Panitia workshop secara khusus juga mengundang bupati Bangkep yang diwakili oleh wakil bupati kabupaten Bangkep. Drs. H. Zakaria Kamindang.

Dalam pembukaan workshop, direktur PPNP, Ir Andi Asdar Jaya, M.Si berharap dari kurikulum yang dihasilkan, nantinya outputnya adalah lulusan-lulusan AK Bangkep yang mampu bekerja di industri memanfaatkan potensi-potensi lokal serta mendorong pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di daerah.

Guna memperkaya kapasitas para peserta dalam menyusun naskah kurikulum, panitia menghadirkan pemateri dari tim Kemenristekdikti, Dr. Ir. Setyo Pertiwi. M. Agr yang memberikan materi tentang pengembangan Pendidikan dan Kurikulum Akademi Komunitas di Indonesia, dan materi tentang Metode Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi (Akademi Komunitas).

Hari kedua workshop ini berjalan tak kalah menarik, terlihat antusiasme para peserta dalam diskusi interaktif dengan wakil bupati Bangkep tentang potensi laut dan perikanan di Banggai kepualauan. Terakhir, para peserta dibagi kedalam dua kelompok kerja sesuai dua jurusan yang akan disusun kurikulumnya yaitu jurusan Budidaya Perikanan dan jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan. Acara ini ditutup dengan penyerahan resume/ summary kurikulum hasil kerja peserta workshop. /al/