Selasa, 24 November 2015 - 10:17:13 WIB
Menyambut MEA, PPNP Lakukan Uji Kompetensi
Diposting oleh : Amriani Hambali
Kategori: PROGRAM - Dibaca: 9073 kali

(HUMAS PPNP)Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik Pertanian Negeri Pangkep kembali memperoleh kesempatan menjadi TUK (Tempat Uji Kompetensi) sebagai bentuk kerjasama yang telah terjalin sangat baik antara LSP kelautan dan Perikanan dan LSP Politani Pangkep. Sertifikasi kompetensi calon dan tenaga perikanan merupakan bagian dari persiapan Indonesia menghadapi pasar bebas Asean yang akan mulai berlaku akhir Desember 2015

kegiatan Sertifikasi kompetensi yang di dibuka oleh Direktur PPNP Ir. Andi Asdar Jaya, M.Si di Gedung Auditorium Mas’ud Sikong merupakan uji kompetensi yang ke-3 dilaksanakan oleh LSP Politani Pangkep. Dr. Muhammad Ali Yahya selaku ketua panitia menjelaskan bahwa kegiatan sertifikasi kompetensi kali ini dilaksanakan bagi calon dan tenaga kerja sector perikanan yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia timur dan akan berlangsung mulai tanggal 9 s/d 20 Nopember 2015, diikuti sebanyak 680 peserta. Pelaksanaan sertifikasi kompetensi ini menggunakan anggaran APBN-P melalui program sertifikasi kompetensi kerja (PSKK) satker BNSP.

Dalam sambutan Direktur Politani Pangkep memberikan apresiasi kepada LSP Politani Pangkep karena dalam usia yang baru setahun lebih  telah mampu berkerjasama dengan beberapa LSP dalam pelaksanaan uji kompetensi. Tahun ini LSP banyak mendapatkan kepercayaan dari berbagai pihak untuk melakukan sertifikasi kompetesi bahkan dalam waktu dekat LSP Politani Pangkep juga akan melakukan sertifikasi kompetensi untuk sector peternakan dan pertanian.

Ada 5 skema sertifikasi kompetensi yang disajikan yaitu operator pembenihan ikan, operator penanganan ikan di atas kapal, operator alat tangkap Purse sine, operator alat tangkap long line dan operator pengolahan hasil perikanan. Penilaian kompetensi dilakukan oleh asesor yang telah mendapatkan lisensi dari Badan Nasional sertifikasi Profesi (BNSP).