Senin, 26 Oktober 2015 - 06:54:36 WIB
Uji Kompetensi Penyuluh Perikanan Angk ke-II di LSP PPNP
Diposting oleh : Amriani Hambali
Kategori: PROGRAM - Dibaca: 12845 kali

(HUMAS PPNP) Kamis, 22/10/2015, Politeknik Pertanian  Negeri Pangkep menyeleng-garakan Uji Kompetensi  Sertifikasi  Profesi dan Sertifikasi Teknis angkatan ke II.  Uji Kompetensi ini telah berlangsung selama tiga hari mulai Pembukaan tanggal 20 oktober sampai dengan 22 Oktober 2015. Penutupan Uji kompetensi ini dihadiri Direktur PPNP, Ir. Andi Asdar Jaya, M.Si,  Wakil Direktur III, Zulkifli, S.Pi, M.Si, ibu Yuni sebagai wakil pusat penyuluhan perikanan Jakarta, Ketua Panitia,  Dr. Ir. Ali Yahya, M.Si,  para Asesor dan peserta Uji Kompetensi.

Uji Kompetensi yang kali kedua ini dilaksanakan di gedung Mas’ud Sikong Politani. Adapun jumlah peserta sebanyak 71 orang datang berbagai provinsi dan daerah, yakni  Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Kabupaten Bengkulu, Banggae Laut (provinsi Maluku), dan Kabupaten Sigi. Dalam sambutan pertama disampaikan oleh ketua panitia Dr.Ir Ali yahya. M.Si. beliau sampaikan bahwa para peserta sangat antusias dalam mengikuti uji kompetensi ini, bahkan ada satu orang peserta dari kota Mamuju bolak balik ke Mandalle guna penyelesaian tugasnya dengan keyakinan mendapatkan sertifikat yang diakui, disamping itu dua orang peserta wanita usia senja dari kota Makassar  sudah mengabdi selama 30 tahun lebih juga ikut mendaftar, ini menunjukkan keinginan  yang kuat para peserta dari berbagai usia untuk meningkatkan SDMnya, dan pemerintah memberikan peluang agar  tenaga-tenaga  penyuluh perikanan di Indonesia lebih ahli dalam bidangnya. Kata sambutan kedua disampaikan oleh Direktur Ir. Andi Asdar jaya, M.Si,  direktur menyampaikan bahwa kegiatan angkatan kedua ini sebagai masukan bahwa penyuluh dan teknisi masih perlu ditingkatkan dalam hal membuat perencanaan, program dan karya tulis agar mencapai daya saing Penyuluh Perikanan yang handal, sebagai penyuluh teknisi jangan hanya memiliki  satu macam keahlian, tetapi sebagai teknis diharapkan banyak memiliki keahlian dalam menghadapi persaingan global. Beliau melanjutkan bahwa peserta angkatan kedua kali ini jauh lebih baik dari peserta angkatan pertama dan diharapkan angkatan kedua ini lulus 100 %.

Salah seorang peserta atas nama Ernawaty K, AMDi. Alumni PPNP, jurusan Budidaya Perikanan, angkatan ke XII (13 tahun yang lalu), asal Bulukumba, mengatakan bahwa dirinya ikut serta dalam uji kompetensi ini, agar dapat memperoleh banyak ilmu yang bermanfaat dalam keterampilan yang ia ingin tekuni, terutama perencanaan dalam penyuluhan. Ia menyarankan agar semua alumni ikut mendaftarkan diri untuk mendapatkan sertifikat sertifikasi profesi agar ada pengakuan ilmu keahlian yang dimiliki apabila melamar pekerjaan dimana saja. Perkembangan infrastuktur di kampus PPNP yang lalu dan sekarang sangat luar biasa perbedaannya, ia pun berharap agar PPNP dapat jauh lebih berkembang kedepannya. /mf/