Kamis, 18 September 2014 - 10:43:12 WIB
Yudisum Lulusan Jurusan Penangkapan Ikan 2014
Diposting oleh : Syamsul Marlin
Kategori: SEPUTAR KAMPUS - Dibaca: 11436 kali

Yudisium yang dilaksanakan pada hari Kamis 11 September 2014 merupakan bagian dari proses pelaksanaan pendidikan yang sangat penting keberadaannya. Proses  pengelolaan pendidikan di Politeknik Pertanian Negeri Pangkep yang menganut sistim paket sebagaimana yang diamanahkan dalam peraturan akademik merupakan dasar yang kuat untuk melaksanakan kegiatan ini. Oleh karena itu, Manajemen Jurusan Penangkapan Ikan berusaha seoptimal mungkin untuk dapat melakukan kegiatan yudisium setiap tahun, baik yudisium bagi alumni maupun yudisium bagi mahasiswa yang naik tingkat.

Terkhusus pada Kegiatan Yudisium kenaikan tingkat yang dilakukan oleh Jurusan Penangkapan Ikan merupakan upaya kongkrit dan komitmen yang tinggi untuk  menindaklanjuti salah satu amanah dalam peraturan akademik yaitu evaluasi hasil belajar semester dua untuk tingkat satu dan evaluasi hasil belajar semester empat untuk tingkat dua.

Jadwal pelaksanaan yudisium alumni pada tahun ini dilakukan agak terlambat jika dibandingkan tahun lalu. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan, yaitu mahasiswa angkatan 24 yang akan melaksanakan ujian tugas akhir dapat dikatakan sangat terlambat. Kondisi ini perlu kita evaluasi untuk tahun depan. Salah satu opsi yang mungkin sudah terpikirkan oleh manajemen jurusan adalah perlu penjadwalan yang lebih awal terhadap pelaksanaan penyelesaian studi, baik ujian PKPM, Seminar maupun Tugas Akhir, sehingga peserta ujian yang memang belum memenuhi persyaratan untuk lulus dapat dilakukan ujian kembali untuk meningkatkan kualitas sekaligus sebagai tanggung jawab moral para pembimbing dan penguji sebagai penentu utama dalam menetapkan kelulusan calon alumni.

Berdasarkan data dari akademik bahwa jumlah mahasiswa Penangkapan Ikan yang tertinggal dalam tahap penyelesaian sampai tahun ini adalah sejumlah 1 orang, yaitu  belum melaksanakan seminar tugas akhir dan ujian tugas akhir. Kepada bapak ibu penasehat akademik yang sekaligus pembimbing utama  mahasiswa tersebut, dimohon perhatian dan bimbingannya untuk tetap dapat menyelesaikan anak bimbangannya.

Untuk Indeks Prestasi Komulatif alumni tahun ini berada antara 2,76 – 3,98  dengan rata rata IPK 3,41 dan predikat kelulusan Dengan Pujian,  Sangat Memuaskan dan Memuaskan. Alumni terbaik pada tahun adalah saudara Nursal Afandi dengan IPK 3.98, Muslimin dengan IPK 3.94 dan Firman dengan IPK 3.83

Setelah pelaksanaan Yudisium yang dilaksanakan di Auditorium Ma’sud Sikong ini, mahasiswa bersalam-salaman kepada para Staf Dosen, Teknisi dan Administrasi Jurusan sebagai wujud terima kasihnya. Selain itu, dilakukan foto bareng bagi para mahasiswa lulusan.