Rabu, 10 September 2014 - 13:52:38 WIB
Sosialisasi ICT Cayber Campus, Pengunjung Antusias...
Diposting oleh : Syamsul Marlin
Kategori: SEPUTAR KAMPUS - Dibaca: 11392 kali

Memasuki hari ke-2 Pameran dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang merupakan rangkaian Dies Natalis ke-26 Politeknik Pertanian Negeri Pangkep (PPNP), Stand Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) menyajikan layanan berbasis ICT kepada pengunjung. Pelaksanaan pameran tahun ini, PTIK menargetkan beberapa kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Praktis berbasis ICT diantaranya: Sosialisasi Pemanfaatan ICT Cyber Campus bagi Disen dan Mahasiswa; serta Manajemen Emai dan Blog bagi pengunjung eksternal.

Setelah menghadiri kegiatan Dies Natalis ke-26 PPNP yang digelar pada hari Selasa 9 September 2014, Pimpinan didampingi Panitia meluangkan waktunya untuk mengunjungi stand-stand yang ada pada Pameran. Direktur, didampingi Pudir III, Ketua Dies Natalis dan Koordinator Pameran juga meluangkan waktu mengunjungi Stand PTIK, guna menyaksikan langsung kegiatan yang disajikan. Pimpinan memberikan simpati atas upaya yang dilakukan oleh personil PTIK dan memberikan support-nya, "Ke depan aplikasi berbasis ICT harus terus dikembangkan lagi untuk menunjang sistem pembelajaran menuju Word Class University", ungkap Ir. Andi Asdar Jaya, M.Si (Direktur PPNP).

Sosialisasi pemanfaatan ICT Cyber Campus mendapat antusias dari pengunjung, diantaranya dosen. Pada sesi ini, dosen disampaikan ruang lingkup dari ICT Cyber Campus dan bagaimana cara pemanfaatannya. Salah satu Dosen Jurusan Budidaya Tanaman Perkebunan, DR. Junaedi, SP., M.Si, terlihat konsen menyimak penjelasan seputar ICT Cyber Campus ini.

Melalui aplikasi ICT Cyber Campus, kegiatan akademik yang selama ini dilaksanakan melalui tatap muka dapat dilakukan dengan online tanpa mengurangi nilai pertemuan secara langsung. Dosen diharapkan menggunakan aplikasi ini untuk memperlancar kegiatan akademik, diantaranya: penyajikan materi perkualiahan; memberi tugas/informasi kepada mahasiswa; melakukan absensi; pembimbingan; penilaian dan masih banyak kelebihan lain yang terdapat pada aplikasi ini yang dilakukan secara online.

Antusias pengunjung juga datang dari kalangan mahasiswa, mereka mengunjungi Bilik PTIK-Cyber Campus untuk mendapatkan penjelasan mengenai pemanfaatan ICT Cyber Campus bagi kalangan mahasiswa. Mahasiswa mendapat penjelasan dan langsung diberi pelatihan praktis tentang pengguaan aplikasi ini, meskipun tidak semua mahasiswa berkesempatan untuk mempraktekkan di Bilik ini, karena keterbatasan fasilitas yang disediakan.

Materi yang disajikan pada pelatihan praktis untuk mahasiswa, diantaranya: cara mengakses jadwal perkuliahan; men-download materi kuliah/tugas dari dosen, mengetahui informasi dari dosen, pembimbingan, sampai pada pengecekan KHS berbasis online.

Sosialisasi aplikasi ICT Cyber Campus ini, dilakukan buka hanya pada pelaksanaan pameran ini. Ke depannya, bagi seluruh sivitas akademika, khususnya bagi dosen dan mahasiswa dapat memperoleh penjelasan dan pendampingan langsung pemanfaatan aplikasi ini di PTIK Lantai 2.